Tempat-tempat Terpencil di Bumi

Posted on

Dunia menjadi wilayah untuk hidup seluruh mahluk termasuk manusia. namun,  jangan bayangkan, semua manusia memiliki kehidupan yang sama di belahan dunia satu dengan yang lainnya.

Tahukah kalian, jika banyak sekali tempat-tempat terpencil di dunia yang hanya di huni oleh segelintir manusia, dan memiliki kondisi yg sungguh berbeda dengan yang ada di tempat kita.

Dari wilayah terpencil yg hanya memiliki pendudukan yang sangat sedikit,  daerah ekstrime penuh es, daerah yg berada di ketinggian super tinggi hingga tanpa terbitnya matahari.

Berikut Tempat Terpencil di Bumi, dari wilayah tertinggi hingga wilayah tanpa matahari

1 Longyearbyen, Norwegia

Longyearbyen, Tempat Terpencil di Dunia

Ialah kota paling utara di dunia yang layak huni. Kota terpencil ini mrpkn bagian dari negara Norwegia

Wilayah ini sangat dingin, bahkan Pada 1950, Longyearbyen mengesahkan undang-undang yang melarang penguburan di wilayah itu. Alsannya sederhana, jika mayat di kuburkn di sana, mayat akan beku dan menjadi mumi kemudian tak dapat terurai oleh alam.

Ada juga hukum yang mengharuskan penduduk setempat membawa senjata untuk perlindungan terhadap beruang kutub. 

2. Pulau Devon, Kanada

Ini adalah tempat tersepi yang digunakan NASA untuk meneliti antarbintang.

Bagian dari Kepulauan Ratu Elizabeth, Pulau Devon terletak di Kepulauan Arktik Kanada, lebih dekat ke Greenland daripada jantung Kanada.

Lanskip yang tandus menjamin tempat ini cocok untuk menyendiri — bahkan hanya sebagian besar kehidupan binatang disana.

3. Pulau Barra, Skotlandia

Barra adalah pulau yang dihuni paling selatan di Outer Hebrides.

Dengan populasi hampir tidak lebih dari 1.000 orang, pulau sepanjang 10 mil ini memiliki ruang yang luas untuk menjelajah.

Untuk sampai ke sana saja, kita harus naik pesawat baling-baling kecil yang mendarat di pantai berpasir. Proses pendaratan ini bai sebagian orang sungguh menegangkan.

4. Oasis Siwa, Mesir

Budaya Afrika Utara ada di Siwa, karena yang dihuni berada jauh dari Mesir .

Oasis Siwa sebenarnya bisa dijangkau dengan perjalanan lima jam dari Kairo di Gurun Barat, Namun karena tempat ini terpencil, tak banyak orang yang berkunjung kesana, hal ini dikarenakan di sana kalian hanya menemukan makanan pribumi dan praktik kuno yang di akukan masyarakat asli siwa.

5. Barrow, Alaska

Ialah  nama sebuah kota di bagian utara negara bagian Alaska. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sekitar 4.218 jiwa dengan luas wilayah 55 kilometer persegi dan berada di lingkaran Arktik.

Wilayah ini terkenal dengan keadaan malamnya yang sangat panjang. Bayangkan saja matahari akan terbenam pada bulan November dan tidak akan terbit lagi selama 2 bulan. Barrow juga menjadi kota paling utara di Amerika Serikat dan salah satu kota paling utara di dunia.


5. Dataran Tinggi Tibet, China

Dataran Tinggi Tibet berada di antara Pegunungan Kunlun dan Pegunungan Himalaya pada ketinggian 13.000 hingga 15.000 kaki.

Sebagian besar air Asia berasal dari wilayah ini, rumah bagi banyak danau dan sungai.

Pribumi dataran tinggi itu terus menghuni daerah tersebut selama lebih dari 20.000 tahun, meskipun hanya sejumlah kecil yang tersisa.

Nah, itu dia tempat-tempat terpencil dan terjauh di dunia.

One thought on “Tempat-tempat Terpencil di Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *