6 Hewan Langka di Dunia ini Hanya Ada di Indonesia

Posted on

Binatang Purba adalah binatang yang berasal dari zaman dahulu kala, kita sering mengaitkan keberadaannya dengan binatang Raksasa seperti Dinosaurus.

Tapi tahukan kalian jika sampai hari ini masih ada binatang purba atau Hewan Langka yang masih hidup, kita ketahui dan mungkin juga sering kita temui di sekitar kita. Namun tentunya tidak sebesar dan seseram dinosaurus.

Berikut 6 Hewan Purba Yang masih hidup dan ada di Indonesia

1. Komodo.

komodo asli indonesia
komodo hewan langka yang hanya ada di indonesia

Komodo merupakan spesies reptil purba endemik yang hidup semenjak zaman purba. Evolusi komodo dimulai dengan genus Varanus yang mulai berkembang di Asia antara 40-25 juta tahun yang lalu. Komodo adalah kerabat dekat dari dinosaurus. Hal ini dilihat dari ditemukannya fosil-fosil dari jenis dinosaurus tertentu yang menunjukkan kemiripan struktur tubuh dengan komodo.

Dinosaurus sudah lama punah tetapi Komodo sampai sekarang masih ada. Komodo disebut sebagai Dinosaurus terakhir di dunia. Hewan yang satu masa dengan dinosaurus ini dikenal sebagai kadal karnivora, namun mereka juga hewan kanibal karena kadang mereka memangsa anak-anak mereka.

Komodo sendiri dapat ditemukan di Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil di sekitarnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Habitat asli Komodo hanya bisa ditemukan di kepulauan Indonesia dan tidak ada di belahan dunia lain. 

2. Penyu Belimbing.

Penyu Belimbing
Penyu Belimbing asli Indonesia

Penyu belimbing telah mendiami Bumi semenjak 100 juta tahun silam , atau semasa dengan dinosaurus. Penyu belimbing adalah jenis penyu terbesar. Berat penyu belimbing bisa mencapai 900 kg, dengan panjang badan sekitar satu setengah hingga dua meter.

Tidak seperti penyu lainnya, penyu belimbing tidak memiliki karapas keras. Karapasnya seperti sebuah mosaik dari tulang-tulang kecil yang keras, kulitnya elastis dengan punggung membujur. Penyu belimbing dapat ditemukan dari perairan tropis hingga ke lautan kawasan sub kutub dan biasa bertelur di pantai-pantai di kawasan tropis.

Salah satu tempat bertelurnya ada di Pantai Jamursba Medi dan Warmon terletak di Utara Kepala Burung Provinsi Papua Barat, Distrik Abun, Kabupaten Tambrauw. Penyu belimbing mempunyai kebiasaan berkeliling dunia menjelajahi berbagai wilayah di belahan bumi ini.

3 Ikan Arwana.

Ikan Arwana Super

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan purba yang belum punah. ikan ini setidaknya telah hidup di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu. Arwana termasuk ikan karnivor yang mendiami habitat sungai dan danau berair tenang. Ikan ini dapat ditemukan di Amazon, dan di beberapa bagian Afrika, Asia dan Australia.

Ikan arwana juga bisa ditemukan di perairan tawar Indonesia. Salah satu jenis Arwana adalah arwana super red yang merupakan ikan asli hulu Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat.

4. Buaya Muara.

Buaya Muara Asli Indonesia

Buaya merupakan salah satu hewan purba yang tersisa di bumi ini. Buaya muara atau buaya bekatak adalah salah satu spesies buaya terbesar di dunia, jauh lebih besar dari Buaya Nil dan Alligator Amerika . Panjang tubuh termasuk ekor bisa mencapai 12 meter seperti yang pernah ditemukan di Sangatta, Kalimantan Timur.

Buaya masih mempunyai kerabat dekat dengan hewan reptil purba, CrocodileSaurus yaitu nenek moyang buaya yang mempunyai panjang hampir 30 meter. Namun karena pengaruh alam, tubuh CrocodileSaurus menyusut hingga menjadi buaya muara. Buaya muara dapat ditemukan mulai dari Teluk Benggala (India, Sri Langka, dan Bangladesh).

5. Trenggiling.

Trenggiling

Trenggiling termasuk salah satu hewan purba, beberapa fosil trenggiling sudah ditemukan pada masa Oligosen dan Miosen. Rambutnya bisa menjadi semacam sisik besar yang tersusun membentuk perisai berlapis sebagai alat perlindungan diri. Jika diganggu, trenggiling akan menggulungkan badannya seperti bola.

Trenggiling hidup di hutan hujan tropis dataran rendah. Trenggiling dapat ditemukan di Asia Tenggara. Trenggiling yang ada di Indonesia dikenal dengan nama Trenggiling Jawa,  dijumpai di daerah pegunungan di Sumatera, Kalimantan dan Jawa serta Bali.

Walaupun tampak seperti reptil, hewan ini tergolong mamalia. Sekarang di Indonesia sendiri hewan ini termasuk hewan yang dilindungi.

6. Ikan Nepoleon.

Ikan ini pernah ditemukan di perairan Indonesia, tepatnya di Pulau Natuna. Dan sekarang ikan ini sudah dilindungi dan berusaha untuk dibudidayakan agar tidak punah.

Ikan Nepoleon

Itulah 6 hewan purba yang masih hidup dan ada di indonesia, jangan lupa like dan share ke media sosial kalian ya.. terima kasih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *