5 Negara dengan Tambang Emas Terbesar di Dunia

Posted on

Emas merupakan logam mulia yang menjadi barang berharga berabad-abad lamanya, emas berasal dari tambang emas yang tersebar di seluruh dunia. Tidak hanya sebagai perhiasan, emas juga di gunakan sebagai alat tukar layaknya uang. Bahkan ketersediaan cadangan emas di sebuah negara mempengaruhi perekonomiannya secara langsung.

Tidak mengherankan jika keberadaan tambang yang memproduksi emas selalu menjadi perhatian khusus dari berbagai pihak. Baik itu pemerintah, investor, bahkan aktivis lingkungan.

Namun tahukan anda, dari mana emas-emas tersebut di hasilkan !, berikut kami sajikan 5 negara dengan tambah terbesar di dunia yang di langsir dari Mining Global !

5. Rusia , Terletak di Krasnoyarsk

Tambang Emas  Terletak di  Krasnoyarsk
Tambang Terletak di Krasnoyarsk

Dulu, Siberia ditakuti warga Kekaisaran Rusia. Sebab, para kriminal akan dikirim ke sana. Ternyata, ada tambang emas besar di Siberia Timur, atau tepatnya di Krasnoyarsk.

Berdasarkan perhitungan pada 2012, tambang emas bernama Olimpiada tersebut memiliki cadangan sebesar 47,5 juta ounce, dan sempat memproduksi emas sebesar 943 ribu ounce pada 2016.

Penambangan di Olimpiada dioperasikan oleh Polyus yang saat ini dimiliki oleh miliarder Rusia, Said Kerimov.

4. Muruntau di Uzbekistan

tambang emas  Muruntau  di Uzbekistan
tambang Muruntau di Uzbekistan

Tambang emas terbesar keempat di dunia ada di Uzbekistan dengan perkiraan kandungan emas sebesar 50 juta ounce.

Tambang bernama Muruntau ini terletak di Padang Pasir Kyzyl, dan dimiliki oleh pemerintahan Uzbekistan.

Walaupun sempat menghasilkan hampir 2,2 juta ounce emas pada 2016, namun informasi lengkap tentang tambang emas ini belum banyak di ketahui.

3. Papua Nugini

Tambang Emas Papua Nugini
Tambang Papua Nugini

salah satu alsan konflik perebutan kekuasaan di papua nugini ialah sumber daya alamnya yang luar biasa. Benar saja, Papua Nugini ternyata memiliki cadangan emas terbesar ketiga di dunia. Lokasi emas tersebut berada di Provinsi Irlandia Baru, timur laut Port Moresby. Diperkirakan terdapat 64,1 juta ounce emas yang dikandung di tambang ini.

Persediaan emas di Lihir berada di dalam Kaldera Luise, sebuah kawah gunung berapi yang sudah punah, namun masih aktif secara geotermal.

Tambang emas ini 100 persen dimiliki dan dioperasikan oleh Lihir Gold Limited sebelum kemudian merger dengan Newcrest. Keduanya berasal dari Australia.

2. Tambang emas South Deep Afrika Selatan

Tambang emas South Deep Afrika Selatan
Tambang South Deep Afrika Selatan

Berlokasi tak jauh dari Johannesburg, ibu kota Afrika Selatan, tambang emas South Deep adalah yang terbesar kedua di dunia.

Operator dan pemilik tambang South Deep adalah perusahaan bernama Gold Felds yang bermarkas di Johannesburg. Umur tambang South Deep diperkirakan dapat memproduksi emas sebesar 500 ribu ounce tiap tahunnya pada 2023 nanti.

1. Freeport Indonesia

tambang emas freeport
Freeport indonesia

Tambang emas Grasberg atau freeport di Papua adalah yang terbesar di dunia. Tambang bawah tanah Freeport ini cukup besar, pintu masuk berupa dua terowongan yang muat dimasukkan mobil, bahkan truk besar. Banyak lorong-lorong terdapat di dalamnya. Lokasi tambang ini sekitar 1,6 km di bawah Grasberg yang ketinggiannya 4.200 mdpl.

Untuk keseluruhan jalan di tambang bawah tanah ini panjangnya 500 km, atau kira-kira seperti jarak Jakarta ke Surabaya. Tidak seperti tambang kuno yang dilihat di televisi. Tambang ini dilengkapi fasilitas-fasilitas ruang kantor, toilet bersih, bahkan hingga tempat ibadah berkapasitas ratusan orang. Ada masjid dan gereja yang dibuat berdampingan di tambang DLMZ.

Diperkirakan cadangan emas Grasberg ada di angka 106,2 juta ounce. Angka tersebut lebih dari dua kali lipat emas di Siberia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *